Pemograman dasar Arduino Joystick Shield v2.4

 

Dalam tutorial ini kita akan melihat bagaimana menggunakan Arduino Joystick Shield.Arduino Joystick Shield v2.4 menyediakan tujuh sakelar tombol tekan sesaat (enam tombol dan satu tombol terpisah di bawah joystick) dan joystick ibu jari dengan dua potensiometer. Joystick dapat digunakan untuk mengontrol keluaran seperti melodi atau piksel pada layar. Tombol-tombol tersebut dapat digunakan untuk navigasi atau kontrol permainan.

Catatan: Papan Arduino standar tidak akan mendukung pelindung joystick dengan LCD Nokia 5110. Ini karena pasokan Arduino 3,3 V standar hanya mampu memasok 50 mA, dan lampu latar Nokia 5110 membutuhkan lebih banyak arus.

FITUR UTAMA FUNDUINO JOYSTICK SHIELD:

  1. Joystick 2 sumbu
  2. 4 tombol besar
  3. 2 tombol kecil
  4. Antarmuka Bluetooth / Serial
  5. Antarmuka I2C
  6. antarmuka nRF24L01
  7. Antarmuka LCD Nokia 5110
  8. Konektor antarmuka
  9. Sakelar daya untuk beralih antara 3,3 dan 5V












Joystick 2-Sumbu:



Potensiometer X-Axis joystick terhubung ke A0 . Potensiometer Y-Axis terhubung ke A1 . Input analog pada mikrokontroler membaca nilai pada rentang 0-1023 (untuk input ADC 10-bit tipikal). Kontrol X-Axis dan Y-Axis harus membaca sekitar 512 (titik tengah) saat kontrol diam. Saat joystick digerakkan, salah satu atau kedua kontrol akan mencatat nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada cara kontrol dipindahkan. Joystick juga memiliki tombol 'K' yang diaktifkan dengan menekan joystick ke bawah. Tombol ini terhubung ke D8 .


Tombol:

Ada total 6 tombol di papan (tidak termasuk yang ada di joystick) berlabel AF. 4 tombol besar biasanya digunakan untuk fungsi atas / bawah / kiri / kanan atau serupa. Dua tombol yang lebih kecil biasanya digunakan untuk fungsi yang jarang digunakan seperti 'pilih' atau 'mulai' karena tombol tersebut kurang dapat diakses / cenderung tidak ditekan secara tidak sengaja. Semua tombol memiliki resistor pull-up dan menarik ke ground saat ditekan.

  • Tombol A - Menghubungkan ke D2
  • Tombol B - Menghubungkan ke D3
  • Tombol C - Menghubungkan ke D4
  • Tombol D - Menghubungkan ke D5
  • Tombol E - Menghubungkan ke D6
  • Tombol F - Menghubungkan ke D7

Konektor Bluetooth:

Garis RX / TX dibawa ke header perempuan 4-pin terpisah bersama dengan 3.3V dan Ground. Ini dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat Bluetooth 4-pin 3.3V atau perangkat serial TTL.

Konektor I2C:

Garis I2C SDA dan SCL dibawa ke header 4-pin terpisah bersama dengan 5V dan Ground. Ini merupakan tambahan pada lokasi A4 / A5 normal dari garis-garis ini. Hal ini memungkinkan pemasangan perangkat I2C dengan mudah.

Konektor nRF24L01:

Konektor ini memungkinkan modul transceiver RF nRF24L01 untuk dicolokkan.

  • GND - GND.
  • VCC - 3.3V
  • CE - Terhubung ke D9
  • CSN - Terhubung ke D10
  • SCK - Terhubung ke D13
  • MOSI - Terhubung ke D11
  • MISO - Terhubung ke D12
  • IRQ - Tidak Ada Koneksi


Peralatan
1 x Arduino Uno
1 x Arduino Joystick Shield v2.

Percobaan 1: Baca nilai joystick
Joystick memiliki dua potensiometer, yang Anda sambungkan ke pin analog A0 dan A1 di Arduino Anda.
Nilai A0 sesuai dengan posisi X.
Langkah:
  • Pasang pelindung joystick Anda ke papan Arduino.
  • Hubungkan papan Arduino Anda ke PC Anda.
  • LED akan menyala pada pelindung joystick Anda, menunjukkan bahwa itu berfungsi dengan baik.
  • Tulis sketsa dan kompilasi sebelum diunggah ke papan Anda; itu praktik yang baik untuk menyusun sketsa Anda sebelum mengunggah.
  • Setelah sketsa diunggah, jalankan monitor serial untuk mengamati nilainya.
  • Gerakkan joystick ke arah yang berbeda dan Anda akan melihat bahwa nilai pada monitor serial akan berubah.
Anda dapat menggerakkan joystick dalam 8 arah: atas, kanan-atas, kanan, kanan-bawah, bawah, bawah-kiri, kiri, kiri-atas. Jika nilai berubah pada monitor serial Anda, perisai Anda berfungsi dengan baik.

Kode


 

Percobaan 2: Baca sakelar tombol tekan joystick

Sakelar tombol tekan hanya terhubung ke pin I / O digital Arduino seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini:

Saat Tombol A ditekan, sinyal digital akan dikirim ke D2 dan seterusnya. Kami akan menggunakan fungsi digitalRead () untuk menentukan status tombol.
Karena tidak ada resistor yang terhubung ke tombol-tombol ini pada pelindung joystick, Anda harus mengaktifkan resistor tarik pada Arduino Anda. Di bawah ini adalah kode untuk mengaktifkan resistor pullup dan membaca nilai digital.
Setiap kali pengguna menekan tombol tekan, Arduino akan menampilkan nilai tombol pada monitor serial.
Langkah

  • Pasang pelindung joystick Anda di atas papan arduino.
  • Hubungkan papan Arduino Anda ke PC Anda.
  • Led akan menyala pada pelindung joystick Anda yang menunjukkan bahwa itu berfungsi dengan baik.
  • Tulis sketsa dan kompilasi sebelum mengunggah ke papan Anda (praktik yang baik untuk menyusun sketsa Anda sebelum mengunggah).
  • Setelah sketsa diunggah, jalankan monitor serial untuk mengamati nilainya.
  • Tekan sembarang tombol pada joystick Anda dan ini akan menampilkan tombol mana yang ditekan.
Kode

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel